Posted on Leave a comment

Transaksi yang Aman

Ketika Anda memerlukan barang dalam kuantitas yang sedikit namun harganya lumayan atau kuantitas banyak, risiko ketika menghadapi penjual jarak jauh (lewat internet) adalah:

  1. Uang terlanjur ditransfer, namun barang tidak kunjung datang.
  2. Barang diterima, namun kualitas atau kuantitas tidak sesuai dengan pesanan.

Hal lain yang mungkin dan sangat banyak terjadi adalah ketakutan akan tertipu karena tingkat ketidak-percayaan terhadap penjual sangat tinggi. Hal ini wajar karena Anda belum kenal dengan penjualnya dan sering mendengar tentang penipuan melalui internet.  Namun hal tersebut terkadang dapat memperlambat pencapaian keinginan dalam memiliki suatu produk yang Anda butuhkan, bahkan bisa terjadi pembatalan keputusan membeli.

Kesimpulannya adalah kita semua memerlukan keamanan dalam bertransaksi serta cara menghilangkan keragu-raguan terhadap penjual yang posisinya sangat jauh.

Dagangplus memberikan tips untuk keamanan bertransaksi:

  1. Telitilah kontak/identitas penjual, kalau perlu minta hasil scan SIM, KTP, dan No Rekening, atau foto copynya.
  2. Bila penjual memiliki situs jejaring sosial, kenalilah penjual tersebut serta teman-temannya.
  3. Perhatikanlah apakah penjual selalu memberikan informasi nomor resi pengiriman barang yang dikirimnya kepada pembeli/langganannya.
  4. Tanyakanlah produk secara detil dengan maksud untuk memulai komunikasi dengan penjual, baik melalui sms maupun chatting.
  5. Kalau ada teman, mintalah teman Anda yang berada di kota yang sama dengan si-Penjual untuk melihat produk yang akan dibeli atau untuk mendatangi Rumah/Toko Penjual.
  6. Pastikan Anda mengirimkan uang ke nomor rekening yang identitasnya sama dengan KTP atau SIM penjual. Anda bisa melakukan pengecekan di Bank sebelum melakukan transfer.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan keragu-raguan terhadap penjual yang berada sangat jauh dari Anda. Barangkali ada tips-tips tambahan dari Anda, kami persilahkan untuk memberikan komentar.

Terima kasih.

Leave a Reply